Jumat, 21 Januari 2011

Menurunkan Berat Badan

Apa Saja Yang Perlu Anda Siapkan Sebelum Memulai Program Menurunkan Berat Badan?

Program menurunkan berat badan butuh kesabaran, ketekunan dan dijalankan tidak hanya dalam waktu singkat. Namun diharapkan kebiasaan yang ditanam dalam program ini adalah sesuatu yang bersifat long term. Jadi jangan harap kesuksesan program menurunkan berat badan dapat dicapai dalam waktu pendek.

Berikut beberapa pertanyaan yang dapat kita tanyakan pada diri kita sebelum memulai program menurunkan berat badan :

Apakah Anda siap mengubah gaya hidup selamanya? 
Kita harus menyadari, untuk meraih kesuksesan program diet, kita harus merubah gaya hidup kita   selamanya. Kita harus siap menyingkrkan makanan favorit yang tidak sehat dan menjadikan sayuran, buah dan makanan sehat lainnya sebagai pengganti. Selain itu, paling tidak kita harus meluangkan waktu  30 menit tiap harinya untuk berolah raga.


Apakah Anda sedang mengalami masalah yang berat saat ini?
Bila jawabannya adalah ya, maka menyelesaikan masalah berat ini seyogyanya menjadi prioritas. Saat kita sedang dalam kondisi stres, maka program diet tak ada gunanya. Kita harus fokus. Bagaimana kita bisa fokus bila ada masalah besar membelenggu?

Apakah Anda sudah mempunyai gambaran yang realistis tentang seberapa banyak penurunan berat badan yang kita harapkan dan waktu untuk mencapainya?
Yang terbaik menurut para ahli adalah 0,5 sampai 1 kilogram per minggunya. Dan untuk menggapainya, kita butuh lebih banyak kalori (sekitar 500-1000 kalori) untuk dibakar per harinya. Dan jangan terlalu panik ketika penurunan berat badan pada minggu-minggu berikutnya lebih lambat dari yang sebelumnya.

Apakah kita mempunyai gangguan perilaku yang berkaitan dengan kebiasaan makan?
Gangguan perilaku yang berkaitan dengan makan sangat mengganggu efektifitas suatu program diet. Bila memang Anda merasa mempunyai gangguan emosional terkait, lebih baik berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program ini.

Adakah orang-orang yang akan mensupport Anda untuk mensukseskan program diet ini?
Mengingat beberapa kesulitan yang mungkin akan Anda hadapi selama program ini Anda jalankan, akan lebih baik bila Anda mempunyai orang-orang yang akan siap memberi dukungan sewaktu Anda mulai turun semangat. Support mereka benar-benar akan membantu Anda.

Nah, bagaimana jawaban Anda terhadap pertanyaan-pertanyaan di atas? Bila Anda merasa sudah siap, maka silahkan saja untuk bersegera menjalankan program menurunkan berat badan Anda. Namun bila masih ada yang mengganjal, selesaikanlah dulu. Jangan setengah-setengah, lakukan 100 % dan dapatkan hasil maksimal sesuai yang Anda harapkan.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Bila Anda suka dengan artikel ini, silahkan beri komentar..

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "