Sabtu, 22 Januari 2011

Teh

Aneka Teh Berkhasiat Untuk Stamina

Teh atau disebut juga Camellia sinensis merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia setelah air putih. Di India dan China bahkan sejak lama teh telah digunakan sebagai tanaman obat.

Kegunaan teh berasal dari bagian daunnya. Berdasarkan cara pengolahannya, teh dibagi menjadi tiga, yaitu teh hijau, teh oolong an teh hitam. Daun teh yang baru dipetik harus cepat dikeringkan dan dipanaskan untuk mencegah oksidasi. Hasil pengeringan daun bewarna gelap, pertanda klorofil dan tanin sudah terlepas.

Bukti ilmiah menunjukkan teh berkhasiat untuk menekan resiko serangan jantung. Flavonoid yang merupakan antioksidan polifenol pada teh mampu memperkuat dinding sel darah merah dan mengatur permeabilitasnya, mengurangi kecenderungan trombosis dan menghambat oksidasi LDL sehingga mengurangi terjadinya atherosklerosis di pembuluh darah.

Teh juga bermanfaat sebagai antikanker dan antibakteri. Ekstrak teh hijau bahkan telah terbukti melawan pertumbuhan bakteri Streptococcus viridans.

Dengan berbagai khasiat teh tersebut, alangkah baiknya anda membiasakan untuk mengkonsumsi teh. Nah, untuk menjaga stamina, ada resep ampuh yang merupakan perpaduan antara teh dan herbal lainnya. Silahkan anda praktekkan resep berikut ini:

Siapkan teh celup 1 buah, jeruk lemon 1/2 iris, madu 2-3 sendok makan dan es batu secukupnya. Seduh teh celup dan perasan air jeruk lemon dengan air panas. Jika ingin diminum dingin seduh hingga 1/4 gelas, tambahkan air putih biasa kemudian masukkan madu. Aduk rata, tambahkan es batu.

0 komentar:

Posting Komentar

Bila Anda suka dengan artikel ini, silahkan beri komentar..

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "