Rabu, 13 April 2011

Mengatasi Bau Badan

Apa yang perlu Anda ketahui tentang bau badan

You are what you eat adalah suatu idiom yang sudah dibuktikan kebenarannya. Bahkan Rasululloh SAW pernah bersabda bahwa sumber penyakit adalah perut. Karena itu penting bagi kita untuk memperhatikan apa yang kita makan. Aspek halal adalah suatu syarat mutlak, syarat berikutnya adalah thoyyib. Nah, memilih makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita termasuk dalam perspektif kethoyyiban.

Your food are your body odor alias makananmu bau badanmu juga idiom yang sudah terbukti kebenarannya.Mengapa sebagian makanan menimbulkan bau yng kurang sedap di tubuh kita? Jadi, ternyata pada jenis makanan tersebut mengandung senyawa organik volatil sebagai hasil metabolisme tubuh terhadap makanan yang dikonsumsi, yang larut dalam komponen urin, faeces dan keringat manusia.

Lalu saat Anda makan makanan pedas, mengapa muncul keringat segede gaban? Ternyata sebabnya adalah zat capsaicin yang ada dalam cabai menstimulasi reseptor syaraf di mulut dan mengakibatkan semacam efek palsu seperti saat tubuh Anda panas kurang lebih 90 derajat. Akibatnya pengatur suhu tubuh internal manusia, yang disebut hipothalamus mengirim sinyal yang mengaktifkan kelenjar keringat. Keringat keluar dan menguap sebagai usaha tubuh mengurangi suhu tinggi/panas. Selain cabe, makanan panas lainnya seperti kopi panas, teh panas, dan sop panas pun bisa menyebabkan manusia berkeringat walaupun temperatur tubuh tidak tinggi, demikian yang disampaikan oleh Profesor Dermatologi Dee Anna Glaser, St Louis University School of Medicine.

Namun adakalanya pada orang yang berbeda, bau badan tak sedap itu tidak muncul. Nah, ternyata ada hal lain yang mempengaruhi yaitu jumlah substansi yang dimakan, enzim metabolik yang ada di air liur Anda serta faktor genetik.

Salah satu makanan penghasil bau badan tak sedap adalah bawang putih. Padahal untuk orang Indonesia rasanya hampir tak mungkin meninggalkan bawang putih dalam pengolahan makanan. Selain itu bawang putih banyak manfaatnya, seperti mencegah kanker dan menurunkan kolesterol. bau badan tak sedap akibat bawang putih dikarenakan bawang putih mengandung sulfur. Makanan lainnya yang perlu Anda tahu adalah makanan berbumbu seperti kari dan jinten, sayuran brokoli, kol juga bawang.

Nah untuk Anda yang punya masalah bau badan lebih baik menghindari makanan-makanan tersebut serta melakukan beberapa langkah mengurangi bau keringat berlebih. Selain itu ada pula resep tanaman obat yang mungkin dapat membantu Anda menyelesaikan problem bau badan.

6 Tips Atasi Bau Badan

Bau badan yang kurang sedap acap kali membuat si empu merasa kurang percaya diri. Berikut ini ada 6 tips menghilangkan bau badan :
1. Jaga tubuh Anda senantiasa dalam kondisi bersih. Salah satu cara mujarab adalah mandi. Pastikan semua area dibasuh, terutama bagian yang banyak keringat. Mandi bisa lebih dari dua kali sehari, bila Anda berkeringat banyak, segeralah mandi.

2. Gunakan sabun antibakteri
Sebenarnya keringat yang keluar dari tubuh kita pada umumnya tidak berbau, namun saat keringat bercampur dengan bakteri yang ada di kulit, maka keringat berbau tak sedap.

3. Keringkan badan dengan handuk, bakteri penyebab bau badan tak sedap akan sulit bereplikasi/berkembang biak bila kulit dalam kondisi kering

4. Pakailah deodorant atau antiperspirant
Pastikan deodorant yang Anda pakai cocok dengan jenis kulit Anda. Bila setelah pemakaian ternyata timbul gatal pada area yang dioles deodorant, hentikan pemakaian dan cobalah ganti dengan merk lain.
Menurut penelitian, deodorant yang berbentuk serbuk(bedak BB) lebih aman daripada roll on, bahkan beberapa ahli menyatakan roll on deodorant/antiperspirant bersifat carcinogenik.

5. Ganti pakaian segera bila keringat berlebih. Bila Anda mempunyai bau kaki yang tak sedap, Anda bisa menambahkan bedak deodorant pada sepatu.Dan jangan malas untuk mengganti kaus kaki Anda sehari sekali.

6. Hindari makanan yang bisa menyebabkan bau badan tak sedap, seperti makanan pedas, berbumbu, bawang putih, bawang, brokoli, kol.

Selain itu Anda dapat mencoba berbagai ramuan herbal Indonesia untuk menghilangkan bau badan secara alami.

Cara Menghilangkan Bau Badan

daun pacar cina
Cara Menghilangkan Bau Badan

Ada beberapa tips menghilangkan bau badan, salah satunya adalah dengan tanaman obat. Cara ini adalah cara alami menghilangkan bau badan tak sedap, silahkan Anda coba, semoga bermanfaat.

Daun Beluntas
Daun yang mengandung alkaloid dan minyak atsiri ini mujarab mengatasi bau badan. Caranya pun mudah, jadikan daun beluntas sebagai lalapan. Atau untuk mengurangi keringat berlebih, Anda dapat menyeduh daun beluntas dan jadikan minuman seperti teh.

Daun Mangkokan
Daun mangkokan bermanfaat untuk menghilangkan bau badan. pemakaiannya cukup dengan direbus secukupnya, kemudian air rebusan diminum setiap hari. Selain penghilang bau badan secara alami, daun mangkokan juga berguna untuk melancarkan ASI. Kandungan daun Mangkokan adalah vitamin C, B1, dan vitamin A.

Daun Pacar Cina
Daun pacar cina segar sebanyak 10 gram dan daun sirih segar sebanyak 7 lembar dicuci lalu direbus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu minum sehari 2 kali, masing-masing 1 gelas. Daun pacar cina mengandung minyak atsiri, alkaloid, damar, garam mineral dan tanin. Namun ramuan ini tidak boleh dikonsumsi oleh wanita hamil.

Selasa, 12 April 2011

Cara Jitu Mencegah Flu Singapura

Apakah Flu Singapura itu?
Sebenarnya di dunia medis tidak dikenal Flu Singapura, yang sebenarnya flu Singapura adalah Penyakit Tangan Kaki dan Mulut (PTKM) yang disebabkan oleh virus.



PTKM disebabkan oleh virus jenis Enterovirus (EV), termasuk coxsackievirus A16, EV 71 dan echovirus. Namun sangat jarang PTKM disebabkan oleh EV 71. Adapun PTKM yang diakibatkan oleh EV 71 juga dapat menyebabkan meningitis dan bahkan encephalitis, seperti yang terjadi di Malaysia pada tahun 1997, Taiwan di tahun 1998 dan China tahun 2008.

PTKM bukanlah penyakit baru, sering ditemukan pada bayi dan anak. Masa inkubasinya adalah 3-7 hari. Gejala dari PTKM adalah demam, kemerahan dan pelepuhan di telapak kaki, tangan dan kulit bagian dalam rongga mulut, tidak nafsu makan, lesu dan nyeri tenggorok. Satu – dua hari setelah demam, timbul keluhan nyeri dan mulut dimulai dari melepuh sampai kemudian dapat menjadi berlendir. Keadaan tersebut dapat terjadi di lidah, gusi dan bagian dalam mulut lain.

Penyakit ini bukanlah penyakit yang berat.Bila ditemukan tanda-tanda yang membahayakan penderita, seperti gejala neurologi, muntah berulang, sesak nafas, dan halusinasi, pasien harus segera dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Penyakit PTKM dapat menular melalui kontak langsung cairan hidung dan tenggorok, saliva, cairan dari blister atau tinja pasien. Masa penularan terbesar adalah pada minggu pertama sakit.

Sedangkan pencegahannya adalah dengan menerapkan cara hidup sehat, seperti menjaga kebersihan lingkungan, cuci tangan, tidak menggunakan alat-alat makan maupun handuk bersama dengan orang lain, serta menjaga ketahanan tubuh dengan makanan yang bergizi.

Pada pasien yang terkena PTKM pun dietnya harus tinggi kalori dan protein untuk memperbaiki kondisi umum serta makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus penyebab PTKM.

Berikut adalah zat gizi yang dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas :
1. Vitamin C, sumber vitamin C adalah buah dan sayur. Buah-buahan yang mengandung citrus (jeruk dan jambu biji) kaya akan vitamin C, demikian pula dengan buah beri yang berwarna seperti strawberi dan blueberi. Jika Anda suka sayur, maka brokoli dan kol merupakan sayuran tepat sumber vitamin C.
2. Vitamin A dan betakaroten. Vitamin A banyak terdapat pada kuning telur, minyak ikan dan susu. Sedangkan beta karoten bisa Anda dapatkan dari buah yang berwarna kuning atau oranye, seperti labu, aprikot, mangga, wortel serta sayuran berdaun hijau.
3.Zinc. Zinc dapat ditemukan pada berbagai macam makanan. Diantaranya adalah kuning telur, gandum utuh (roti tawar dari gandum, yang warnanya kecoklatan itu lo),daging tanpa lemak, ikan, ayam, susu dan produk susu (keju), biji bunga matahari, biji labu dan berbagai sayur mayur.
4. Omega 3 FAs. Sumber Omega 3 adalah ikan yang menghasilkan minyak (oily fish) seperti ikan tuna, ikan hering, sprout, makerel dan salmon. Omega 3 FAs juga bisa Anda dapatkan dari biji labu, sayuran berwarna hijau tua, gandum utuh, kacang, minyak canola, rumput laut dan kedelai.
5. Vitamin E. Makanan kaya akan vitamin E seperti minyak zaitun, daging, ikan, buah-buahan, sayuran berwarna hijau tua, parsley, apokat serta telur.

mengkonsumsi makanan dengan zat gizi yang dapat meningkatkan imunitas tentunya merupakan pencegahan yang baik, karena Hipokrates, bapak dunia Kedokteran, menyatakan bahwa nutrisi (makanan) adalah obat.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "