Rabu, 13 April 2011

Mengatasi Bau Badan

Apa yang perlu Anda ketahui tentang bau badan

You are what you eat adalah suatu idiom yang sudah dibuktikan kebenarannya. Bahkan Rasululloh SAW pernah bersabda bahwa sumber penyakit adalah perut. Karena itu penting bagi kita untuk memperhatikan apa yang kita makan. Aspek halal adalah suatu syarat mutlak, syarat berikutnya adalah thoyyib. Nah, memilih makanan sehat yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita termasuk dalam perspektif kethoyyiban.

Your food are your body odor alias makananmu bau badanmu juga idiom yang sudah terbukti kebenarannya.Mengapa sebagian makanan menimbulkan bau yng kurang sedap di tubuh kita? Jadi, ternyata pada jenis makanan tersebut mengandung senyawa organik volatil sebagai hasil metabolisme tubuh terhadap makanan yang dikonsumsi, yang larut dalam komponen urin, faeces dan keringat manusia.

Lalu saat Anda makan makanan pedas, mengapa muncul keringat segede gaban? Ternyata sebabnya adalah zat capsaicin yang ada dalam cabai menstimulasi reseptor syaraf di mulut dan mengakibatkan semacam efek palsu seperti saat tubuh Anda panas kurang lebih 90 derajat. Akibatnya pengatur suhu tubuh internal manusia, yang disebut hipothalamus mengirim sinyal yang mengaktifkan kelenjar keringat. Keringat keluar dan menguap sebagai usaha tubuh mengurangi suhu tinggi/panas. Selain cabe, makanan panas lainnya seperti kopi panas, teh panas, dan sop panas pun bisa menyebabkan manusia berkeringat walaupun temperatur tubuh tidak tinggi, demikian yang disampaikan oleh Profesor Dermatologi Dee Anna Glaser, St Louis University School of Medicine.

Namun adakalanya pada orang yang berbeda, bau badan tak sedap itu tidak muncul. Nah, ternyata ada hal lain yang mempengaruhi yaitu jumlah substansi yang dimakan, enzim metabolik yang ada di air liur Anda serta faktor genetik.

Salah satu makanan penghasil bau badan tak sedap adalah bawang putih. Padahal untuk orang Indonesia rasanya hampir tak mungkin meninggalkan bawang putih dalam pengolahan makanan. Selain itu bawang putih banyak manfaatnya, seperti mencegah kanker dan menurunkan kolesterol. bau badan tak sedap akibat bawang putih dikarenakan bawang putih mengandung sulfur. Makanan lainnya yang perlu Anda tahu adalah makanan berbumbu seperti kari dan jinten, sayuran brokoli, kol juga bawang.

Nah untuk Anda yang punya masalah bau badan lebih baik menghindari makanan-makanan tersebut serta melakukan beberapa langkah mengurangi bau keringat berlebih. Selain itu ada pula resep tanaman obat yang mungkin dapat membantu Anda menyelesaikan problem bau badan.

0 komentar:

Posting Komentar

Bila Anda suka dengan artikel ini, silahkan beri komentar..

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "