Minggu, 10 Juli 2011

Cara Diet Efektif

Tips Cara Diet Efektif : Sehat dan Cepat

Banyak yang bertanya-tanya tentang bagaimana cara diet efektif? Sebenarnya mudah dan semua orang dapat melaksanakannya asal tahu ilmunya.

Berikut beberapa tips cara diet efektif yang bisa membantu Anda menuju sukses berdiet:

1. Komitmen.
Artinya adalah niat awal. Tentukan niat Anda untuk berdiet, cari alasan yang dapat menguatkan niat Anda itu. Kemudian buatlah gambaran Anda di masa yang akan datang, misal Anda 5 tahun kemudian : langsing, sehat, cantik, aktif dan jarang sakit. Dengan demikian akan memacu Anda sekaligus menjadi goal yang akan dicapai.

2. Persiapkan diri Anda untuk mengubah cara makan dan makanan yang masuk ke dalam tubuh.
Pertama, Anda harus tahu seberapa besar masalah berat badan berlebih yang ada pada diri Anda. Tentukan dengan menghitung BMI, dan termasuk kelompok manakah Anda : normoweight, overweight, atau obesitas.
Langkah selanjutnya adalah merencanakan program diet Anda. Bila Anda termasuk normoweight, jangan pernah mennggalkan program diet, tetap hitung kebutuhan kalori sesuai berat badan untuk mempertahankan kondisi ideal ini. Silahkan download cara menghitung kebutuhan kalori disini.
cara diet efektif
 Bila Anda termasuk kelompok overweight dan obesitas, maka hitung kebutuhan kalori Anda disinkronkan dengan seberapa banyak olahraga yang Anda lakukan dalam program diet ini. Anda dapat menggunakan tool gratis dari webMD, sangat mudah dan bahkan dari diet plan yang Anda buat, Anda dapat mentargetkan seberapa kg berat yang turun per minggunya. Wow ! Asyik kan?

3. Berubah Secara Bertahap
Kegagalan program diet, salah satu sebabnya adalah pelaku diet berubah secara drastis dari kebiasaan makannya. Perubahan ini bagi beberapa orang menjadi gubug derita yang tak ada ujungnya, dan akhirnya?kegagalan ...
Nah, setelah Anda menyusun program diet (makanan dan olahraga) yang realistis sesuai kondisi Anda, lakukan secara bertahap, maafkan kesalahan kecil yang Anda lakukan dan tetap bertahan serta sabar menjalankan program diet Anda. Bila masih sulit meninggalkan makanan/camilan yang sebenarnya tidak sehat untuk Anda, kurangi konsumsinya dengan memakan dalam porsi lebih kecil, lalu lama-kelamaan hilangkan 100 %. Ini adalah langkah awal cara diet efektif.


4. Ubah Juga Cara Makan Anda
Salah satu kunci sukses cara diet efektif adalah cara makan yang benar. Kebanyakan orang hanya memperhatikan apa yang dimakan, namun lupa dengan cara makan yang benar. Cara makan yang benar adalah dengan mengunyah makanan sampai makanan terasa lembut di mulut. Kunyahlah dengan perasaan, dan rasakan perubahan demi perubahan di tiap kunyahan Anda. Karena itu, untuk Anda yang sedang berdiet, makan sambil nonton TV sangat tidak dianjurkan, karena Anda bahkan tidak menyadari seberapa banyak makanan yang sudah masuk. Mengunyah makanan dengan baik juga akan membuat otak Anda merespon kondisi kenyang pada waktu yang tepat, sedangkan cara makan cepat, akan mengakibatkan otak mengirim sinyal kenyang saat makanan sudah terlanjur banyak kita makan. Jadilah kita makan berlebihan.

5. Jangan lupa sarapan.
Sarapan penting untuk menyediakan energi yang akan dipakai tubuh untuk beraktifitas pada hari itu. Makan pagi juga akan mengurangi frekuensi camilan sebelum makan siang.

6. Makanlah karbohidrat sehat.
Sebagai contoh : bahan makanan dari gandum, kacang-kacangan , buah dan sayuran. Tinggalkan karbohidrat tak sehat seperti gula refinasi, beras putih dan makanan dari tepung terigu putih.
Pilih makanan dengan label "whole grain" atau "whole wheat", atau ganti beras putih denngan beras merah, ganti roti tawar putih dengan roti gandum, serta pilihlah pasta atau cereal "whole wheat" dan "whole grain".

7. Pilih lemak baik dan tinggalkan lemak tak sehat.
Lemak baik yaitu :
- Lemak tak jenuh tunggal : minyak dari tumbuhan seperti minyak zaitun, juga kacang-kacangan : almond, hazelnut,.
- Lemak tak jenuh ganda mengandung omega 3 dan omega 6, yaitu beberapa ikan (ikan salmon, herring, sardin).

Hindari lemak jahat :
- Lemak jenuh, yang banyak pada daging merah dan produk susu seperti susu dan keju.
- Lemak trans, yaitu beberapa margarin, makanan yang digoreng, permen, kukis, cracker dan aneka snack/camilan.

8. Utamakan kualitas sumber protein
Cobalah memvariasikan sumber protein yang ada pada menu diet, hewani dan nabati. Untuk orang Indonesia mungkin tak begitu sulit karena tempe tahu adalah makanan favorit. :)

9. Sajikan menu diet dengan berbagai sayuran dan buah penuh warna.
- Sayuran hijau kaya akan magnesium, kalsium, besi, vitamin A,C,E, dan K.
- Sayuran yang berasa manis. Ini akan mengurangi camilan manis Anda. Misal wortel, buncis.

10. Batasi konsumsi gula dan garam, untuk tips ini, Anda dapat membaca pada diet DASH.

11. Siapkan rencana menu diet mingguan atau bulanan.
Siapkan rencana menu Anda sebagai alat kontrol, Anda dapat merencanakan berapa kalori dari jenis makanan yang Anda pilih melalui food-o-meter. Untuk tahap awal, jangan terlalu ketat dengan jumlah kalori, lebih sedikit tak apa, asalkan terkontrol.

12. Jalankan olahraga sebagai bagian dari program diet sehat Anda.
Seberapa lama dan jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan Anda dapat direncanakan sekaligus dari tools webMD yang disebutkan di atas.

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "