Kamis, 30 Juni 2011

Diet DASH : Diet Tekanan Darah Tinggi

DASH Diet : Diet Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Apakah  diet DASH itu?

roti tawar gandum
DASH adalah kepanjangan dari Dietary Approaches to Stop Hypertension. Diet DASH (DASH Diet) merupakan cara diet sehat yang ditujukan untuk membantu terapi atau mencegah hipertensi (tekanan darah tinggi). Dengan DASH diet, maka Anda akan mengurangi asupan sodium (garam) dalam makanan  serta memperbanyak variasi makanan yang mengandung zat-zat gizi yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, seperti potassium, kalsium dan magnesium. Sehingga dengan DASH diet Anda akan mengetahui jenis makanan penurun darah tinggi. Bahkan menerapkan DASH diet akan menurunkan tekanan darah Anda 8 hingga 14 point dalam waktu 2 minggu. Penurunan tekanan darah ini tentunya akan bermanfaat bagi penderita hipertensi untuk mengurangi resiko komplikasi penyakit tersebut.

Manfaat Lain Diet DASH
Diet DASH ternyata juga berguna tidak hanya menunkan tekanan darah namun juga baik untuk pencegahan penyakit osteoporosis,kanker, penyakit jantung, stroke dan diabetes (kencing manis). Dan untuk Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan, diet DASH akan membantu Anda untuk dapat langsing dengan cara sehat.

Target Diet DASH
Target dari diet DASh adalah mengurangi asupan sodium yang masuk ke dalam tubuh, dimana sodium ini berperan dalam peningkatan tekanan darah.

Ada 2 macam DASH diet:
1.Diet DASH standar, yaitu maksimal asupan sodium yang diperbolehkan adalah 2300 mg per hari.
2.Diet DASH di bawah standard, yakni asupan sodium per hari tidak boleh melebihi 1500 mg per hari.

Kedua versi diet DASH ini bertujuan untuk mengurangi jumlah asupan sodium yang biasanya pada makanan sehari-hari (tanpa diet) mencapai 3500 mg per hari bahkan lebih. Padahal Dietary Guidelines of Americans membatasi konsumsi sodium maksimal 2300 mg per hari.

Bagaimana menjalankan DASH diet
Kedua macam cara diet DASH menganjurkan Anda untuk mengkonsumsi gandum utuh, buah-buahan, sayuran dan produk susu rendah lemak. Selain itu makanan sehat pada diet sehat ini mencakup beberapa jenis ikan, ayam dan legumes. Sedangkan daging merah, makanan manis(permen) dan lemak dperbolehkan dalam jumlah kecil. Sebagai gambaran umum, DASH diet berprinsip pada rendah lemak, kolesterol dan lemak total.

Sajian Makanan Yang Dianjurkan
Berikut adalah contoh sajian makanan per hari untuk kebutuhan kalori 2000.

Gandum (6 sampai 8 sajian per hari)
Jenis makanan : roti, sereal, beras dan pasta. Setiap sajian berisi 1 potong roti tawar gandum, 1 ons sereal kering, atau ½ cup sereal masak, beras atau pasta.

Tips menyajikan makanan dari  bahan gandum :
•Pilihlah gandum utuh, artinya yang belum diolah atau dihaluskan, karena kandungan serat dan zat-zat gizinya masih tinggi.
•Gantilah nasi Anda dengan nasi dari beras merah
•Pilihlah pasta dari gandum utuh daripada pasta biasa.
•Ganti pula roti tawar putih dengan roti tawar gandum.
•Carilah produk dengan label 100 % whole grain atau 100 % whole wheat
•Gandum secara alami rendah lemak karena itu hindari menambahkan mentega, krim atau keju.

Sayuran ( 4 sampai 5 sajian per hari)
Sayuran yang termasuk dalam diet DASH adalah sayuran yang kaya akan serat dan mengandung vitamin, mineral penting yang berperan menurunkan tekanan darah seperti potassium dan magnesium. Contoh satu sajian sayuran adalah 1 cup sayur hijau mentah atau ½ cup sayur mentah potong atau sayur kukus.
•Sajian sayuran ini bisa menjadi menu utama selain nasi beras merah atau roti gandum.
•Di samping sayuran segar, sayuran beku juga merupakan pilihan. Dan telitilah label produk sayuran beku yang Anda pilih, pastikan tertera “rendah sodium” atau tanpa tambahan garam.

Buah-buahan ( 4 sampai 5 sajian per hari)
Buah-buahan baik untuk penderita hipertensi karena tinggi serat, rendah lemak,  dan mengandung potassium dan magnesium (kecuali alpukat dan kelapa).

Contoh sajian buah per hari : 1 buah ukuran sedang atau ½ cup buah segar, buah yang dibekukan atau buah kaleng.

Tips penyajian buah :
•Jadikan buah-buahan sebagai pendamping makanan utama atau sebagai snack, dan Anda dapat pula bereksperimen dengan menambahkan toping yogurt rendah lemak di atas potongan buah segar.
•Sedapat mungkin sajikan buah tanpa di kupas, karena di kulit buah tersebut berisi serat dan zat gizi yang bermanfaat.
•Perhatikan pula interaksi obat yang diresepkan dokter Anda dengan buah-buahan yang dikonsumsi, misalnya buah dan jus berasa asam ada yang menyebabkan interaksi dengan obat-obatan tertentu.

Produk susu rendah lemak ( 2 hingga 3 sajian per hari)
Termasuk di dalamnya adalah susu, yougurt, keju dan produk susu lainnya. Golongan makanan ini sangat bermanfaat karena kandungan kalsium, vitamin D dan protein. Dan pilihlah yang rendah lemak atau bahkan bebas lemak.
Contoh penyajiannya adalah : 1 cup susu skim, 1 cup yogurt atau 1 ½ ons keju.

Tips penyajian nya :
•Bila Anda memiliki masalah dengan pencernaan produk susu, pilihlah produk bebas laktosa daripada produk yang mengandung enzim lactase yang bertujuan untuk mengurangi gejala intoleransi laktosa.
•Konsumsilah keju atau keju bebas lemak dalam jumlah sedikit karena mengandung tinggi sodium.
•Sajian yogurt akan bermanfaat untuk menjaga asupan gizi dari produk susu, karena itu variasikan dengan menambahkan pada sajian buah-buahan Anda.

Daging merah mulus, ayam dan ikan ( sebanyak 6  sajian atau kurang per harinya)
Daging merupakan sumber penting protein, vitamin B, zat besi  dan zinc. Namun disebabkan kandungan lemak dan kolesterolnya, sajikan daging bukan sebagai menu utama, atau kurangi porsi daging hari itu dengan menyajikan lebih banyak sayuran.

Satu sajian daging misalnya : 1 oz daging ayam kukus tanpa kulit, seafood atau daging tanpa lemak, satu buah telur atau 1 oz tuna kalengan tanpa tambahan garam.

Tips dalam penyajian :
•Buang kulit maupun lemak dari daging lalu olahlah dengan memanggang, mengukus atau merebus dan hindari menggorengnya.
•Kalau memungkinkan pilihlah ikan yang baik untuk kesehatan jantung, seperti salmon, herring dan tuna. Ikan-ikan ini kaya akan asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol.

Kacang-kacangan, biji-bijian dan legumes (4 sampai 5 sajian per minggu)
Yang termasuk di dalamnya adalah kacang almond, biji bunga matahari, ercis, buncis, kacang polong,  dimana kacang-kacangan ini kaya akan magnesium, potassium dan protein. Selain itu juga memiliki kandungan serat tinggi serta zat fitokimia yang berguna untuk mencegah kanker dan penyakit kardiovaskuler. Sajikanlah dalam porsi kecil saja sebab kandungan kalorinya tinggi. Sebagai contoh sajikan 1/3 cup kacang, 2 sendok makan biji-bijian atau ½ cup kacang polong atau buncis kukus.

Tips dalam penyajiannya :
Golongan kacang-kacangan memang banyak mengandung lemak tapi juga kaya akan lemak tak jenuh tunggal dan asam lemak omega 3. Selain it kandungan kalorinya juga cukup tinggi, sehingga disarankan disajikan secukupnya saja.

Produk yang berasal dari kedelai seperti tahu dan tempe dapat menjadi pengganti daging. Kandungan asam aminonya setara dengan daging, di samping itu tahu dan tempe merupakan sumber isoflavone yang bermanfaat untuk kesehatan.

Lemak dan minyak (2 hingga 3 sajian per hari)
Lemak merupakan zat gizi yang berperan dalam penyerapan beberapa vitamin dan pembentukan system pertahanan tubuh. Namun konsumsi lemak berlebih akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, diabetes dan obesitas (kegemukan). Asupan lemak yang dianjurkan adalah 30 % dari total kalori per hari, diutamakan bersumber dari lemak sehat(lemak tak jenuh). Contoh satu sajian makanan dengan kandungan lemak yaitu 1 sendok makan mayonnaise rendah lemak atau 2 sendok makan light salad dressing.

Tips memilih lemak sehat :
•Diet DASH akan membantu Anda mengurangi 10 % konsumsi lemak per harinya dengan pembatasan daging, mentega, keju, susu, krim, dan telur serta makanan yang diolah menggunakan minyak kelapa.
•Hindari lemak trans yang banyak ditemukan pada makanan olahan seperti kraker, makanan yang dipanggang/oven, serta makanan gorengan.
•Baca dengan teliti label makanan, pilihlah yang mengandung lemak jenuh dalam kadar rendah dan bebas lemak trans.

Makanan manis (paling banyak 5 sajian per minggu)
Tidak perlu mem-black list makanan manis, hanya kurangi asupannya. Tiap sajian berupa 1 sendok makan gula, jelly atau jam, ½ cup sornet atau 1 cup lemonade.
•Pilihlah makanan manis yang berlabel : bebas lemak atau rendah lemak, misal kukis rendah lemak.
•Bila masih sulit meninggalkan yang manis-manis, Anda bisa diet gula dengan menggantinya dengan pemanis buatan seperti aspartame (Nutrasweet, Equal) atau sukralosa (Splenda). Namun gunakan seperlunya saja. Dan daripada mengkonsumsi diet cola, lebih baik minum susu rendah lemak atau air putih saja.
•Kurangi penggunaan gula, karena bisa menambah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh Anda.

Apakah Kopi Perlu Dihindari?
Pengaruh kopi terhadap tekanan darah memang belum jelas benar. Namun kafein dalam kopi dapat meningkatkan tekanan darah walaupun hanya sementara. Lebih baik mengurangi konsumsi kafein demi kebaikan.

Tips Mengurangi Konsumsi Sodium 
Sebenarnya dengan melaksanakan diet DASH sudah menjadi cara yang bagus untuk membatasi konsumsi sodium. Selain itu ada beberapa cara lain untuk mendukung diet DASH Anda :
•Hindari penambahan garam saat Anda mengolah makanan.
•Bila ingin makan makanan kaleng, maka cucilah dulu untuk mengurangi jumlah sodiumnya.
•Pilihlah makanan dengan label “tanpa tambahan garam”(“no salt added”), “ sodium free”, low sodium" atau "very low sodium"

Dan perlu Anda ketahui bahwa 1 sendok teh garam meja mengandung 2300 mg sodium, dan 2/3 sendok teh garam meja mengandung 1500 mg sodium.

0 komentar:

Poskan Komentar

Bila Anda suka dengan artikel ini, silahkan beri komentar..

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "